Rabu, 06 Februari 2013

kkpi semester 3


Top of Form
Scanner dalam bahasa Inggris berasal dari kata dasar scan yang dalam Bahasa Indonesia sering dipadankan dengan istilah pindai, sehingga dalam Bahasa Indonesia scanner adalah mesin pemindai atau cukup disebut pemindai saja. Arti pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, sehingga maksud pemindai adalah alat yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama.
Untuk keperluan pribadi scanner digunakan untuk menyimpan gambar, baik itu foto, surat-surat penting seperti ijazah, atau berita dari Koran dalam bentuk file dijital. Jika diperlukan file dijital itu sewaktu-waktu dapat dicetak. Jadi jika anda memiliki foto, surat-surat berharga atau sekedar artikel dari majalah yang anda anggap penting, dan anda tidak menginginkankehilangan data tersebut, ada baiknya anda menyimpannya dalam bentuk file digital.
Di dalam sebuah sistem komputer, scanner adalah sebuah alat input yang berfungsi sebagai penghasil gambar digital(image digitizer). Cara kerja scanner dalam membaca gambar ada kemiripan dengan mesin foto kopi, namun tidak seperti fotokopi dimana hasil pembacaan tersebut berupa hasil cetakan dalam lembar kertas dari citra yang dibaca, scanner akan menampilkan hasilnya di layar monitor untuk dapat di simpan sebagai sebuah file digital.
Scanner sendiri dalam bidang keteknikan adalah istilah untuk alat yang mampu membaca bentuk atau sifat fisika suatu benda, misalnya bentuk dua dimensi benda, bentuk tiga dimensi benda, suhu suatu wilayah daratan, kondisi otak manusia, suhu tubuh manusia, dan lain sebagainya. Di bidang kedokteran dikenal alat CT Scan (Computed tomography-Scan) yaitu alat yang dapat menghasilkan gambar dua atau tiga dimensi dari keadaan bagian dalam tubuh pasien.

Komponen-komponen Scanner
Komponen-komponen yang dimaksud adalah komponen-komponen pada scanner flatbed. Komponen tersebut adalah :
1.      Alas kaca
Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
2.      Sumber Cahaya
Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3.      Sensor sinal pantulan
Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices

Cara Kerja Scanner
1.      Gambar yang akan dipindai diletakan di atas permukaan kaca pemindai
2.      Sebelum gambar dipindai, komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai.
3.      Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar.
4.      Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan,kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.
5.      Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD
6.      Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dn panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog.
7.      Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai dijital oleh alat pengubah ADC (analog to Digital)
8.      Sinyal dijital dari sensor CCD akan dikirim ke papan lojik dan dikirimkan kembali ke computer dalam bentuk data dijital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan.
Optimalisasi Flatbed Scanner
Scanner (pemindai) adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Tapi berbeda dengan mesin fotokopi yang hasilnya bisa langsung kita lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya yang berupa sebuah data digital disimpan pada komputer, kemudian dapat ditampilkan melalui layar monitor. Kelebihannya dari mesin fotokopi adalah:
1.      Mengubah bentuk analog menjadi bentuk digital.
2.      Hasilnya mempunyai warna yang benar-benar sama seperti aslinya.
3.      Hasil yang didapatkan dapat di edit, diubah dan dimodifikasi memakai aplikasi pengolahan gambar agar sesuai dengan keinginan kita.
4.      Hasilnya bisa dimasukkan atau dipakai secara langsung kesemua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
5.      Dapat disimpan sebagai file teks, dokumen dan gambar.
6.      Untuk pencetakannya juga bisa dimodifikasi ukurannya sesuai keinginan kita tidak harus persis sama dengan aslinya.
Dipasaran terdapat dua jenis scanner, terutama pada flatbed scanner yaitu Charge-Couple Device (CCD) dan Contact Image Sensor (CIS). CCD lebih unggul dalam faktor kedalaman warna (bit) tetapi secara fisik membutuhkan ruang yang besar dibandingkan dengan CIS yang lebih ramping.
Bit adalah kedalaman warna (bit depth/colour depth), yang jadi faktor penting lain dalam men-scan foto atau film. Bit adalah ukuran sebuah scanner dalam merekam perbedaan detail dalam warna dan tone. 8 bit mempunyai 256 warna, 24 bit mempunyai 16 juta lebih warna. Dewasa ini, scanner mempunyai 42 bit (14 bit untuk channel Red Green Blue yang menyusun tiap pixel) atau 48 bit (16 bit per channel warna). Maka semakin besar bit sebuah scanner, semakin bagus pula kualitasnya. Bit berhubungan langsung dengan resolusi (tingkat kerapatan gambar) yang memakai satuan ukur dots per inchi (dpi).
Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)
Optical Character Recognition (OCR) adalah sarana yang digunakan untuk mengenali karakter optis untuk membaca informasi ke dalam sistem komputer. Tujuan utamanya adalah memungkinkan komputer langsung membaca dokumen sumber. Masalah konversi pola di dokumen input ke signal elektronik, yang cocok untuk diolah komputer merupakan salah satu pengenalan pola. Pada saat ini terdapat dua sistem otomatis yang dirancang untuk dapat mengenali karakter cetakan, yakni: OCR (Optlcal Character Recognition) dan MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
Sebagai langkah pengenalan terhadap sistem OCR, marilah kita lakukan langkah-langkah pemindaian (scanning) berikut ini.
1.  Aktifkan aplikasi FreeOCR.net melalui menu Start dan All Program sehingga muncul tampilan awal seperti ini.
2. Terdapat beberapa menu dan toolbar yang digunakan.
3.   Setelah diset, kini kita siap melakukan pemindaian (scanning) dengan menggunakan OCR.
4.   Simpanlah atau letakkanlah teks yang akan kita scan dalam lensa Scanner. .
5.   Pilihlah menu File lalu klik perintah Scan atau klik langsung toolbar Scan dan tunggulah bebarapa saat ketika aplikasi melakukan Scanning Page kemudian klik toolbar OCR maka aplikasi melakukan Recognition Page, sehingga akhirnya muncul tampilan Text Editor.
6.    Pada Text Editor inilah kita dapat mengolah, menyunting, dan memperbaiki teks sesuai dengan aslinya sebelum kita menyalin dan memindahkannya ke dalam aplikasi Iain (misalnya ke dalam Microsoft Word).
7.    Untuk memindahkan hasil scan pada kolom Text Editor ke Microsoft Word, kita dapat menyorot teks atau paragraf yang kita perlukan dan mengkopinya (CtrI+C) dan membuka halaman dokumen Word lalu mem-pastenya (CtrI+V).

Instalasi software Jaringan
Dalam telekomunikasi, informasi disampaikan melalui sinyal. Sinyal ada dua macam:
1.  Digital: secara spesifik mengacu pada informasi yang diwakili oleh dua keadaan 0 atau 1. Data digital dikirimkan dengan diwakili dua kondisi saja yaitu 0 dan 1.
2.   Analog: sinyal yang terus menerus dengan variasi kekuatan dan kualitas.
1. Tujuan Jaringan computer
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.
Dalam suatu jaringan komputer: Pengguna harus secara eksplisit :
-     masuk atau log in ke sebuah mesin
-     menyampaikan tugas dari jauh
-     memindahkan file-file
-     menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan
 Jarak
Jarak adalah hal yang penting sebagai ukuran klasifikasi karena diperlukan teknik-teknik yang berbeda untuk jarak yang berbeda. Tabel berikut menggambarkan hubungan antar jarak dan prosessor yang ditempatkan pada tempat yang sama.
Jarak antar prosessor
Prosesor di tempat yang sama
Jenis jaringan
0.1 m
Papan rangkaian
Data flow machine: komputer-komputer paralel, memiliki beberapa unit fungsi yang semuanya bekerja untuk program yang sama
1 m
Sistem
Multicomputer, sistem yang berkomu-nikasi dengan cara mengirim pesan-pesannya melalui bus* pendek dan sangat cepat.
10 m
Ruangan
Local Area Network (LAN)
100 m
Gedung
Local Area Network (LAN)
1 km
Kampus
Local Area Network (LAN)
10 km
Kota
Metropolitan area Network (MAN)
100 km
Negara
Wide Area Network (WAN)
1.000 km
Benua
Wide Area Network (WAN)
10.000 km
Planet
Internet
 Perangkat Lunak: Susunan Protokol Jaringan Komputer
1) Application Layer : menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, email, akses suatu komputer atau layanan.
2) Presentation Layer : bertanggung jawab untuk menyanjikan informasi. Lapisan ini membuat dua host dapat berkomunikasi.
3) Session Layer : membuat sesi untuk proses dan mengakhiri sesi tersebut. Contohnya jika ada login secara interaktif maka sesi dimulai dan kemudian jika ada permintaan log off maka sesi berakhir. Lapisan ini juga menghubungkan lagi jika sesi login terganggu sehingga terputus.
4) Transport Layer :  lapisan ini mengatur pengiriman pesan dari host-host di jaringan. Pertama data dibagi-bagi menjadi paket-paket sebelum pengiriman dan kemudian penerima akan menggabungkan paket-paket tersebut menjadi data utuh kembali. Lapisan ini juga memastikan bahwa pengiriman data bebas kesalahan dan kehilangan paket data.
5) Network Layer : lapisan bertanggung jawab untuk menerjemahkan alamat logis jaringan ke alamat fisik jaringan. Lapisan ini juga memberi identitas alamat, jalur perjalanan pengiriman data, dan mengatur masalah jaringan misalnya pengiriman paket-paket data.
6) Data Link Layer : lapisan data link mengendalikan kesalahan antara dua komputer yang berkomunikasi lewat lapisan physical. Data link biasanya digunakan oleh hub dan switch.
7) Physical Layer : lapisan physical mengatur pengiriman data berupa bit lewat kabel. Lapisan ini berkaitan langsung dengan perangkat keras seperti kabel, dan kartu jaringan (LAN CAR


Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi
1.Pemahaman Jaringan (Networking) Komputer
Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer  yang difungsikan sebagai “pelayan” pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputerkomputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server.
2.         Memeriksa koneksi PC pada jaringan komputer
Untuk melihat IP Address sebuah PC dalam jaringan:
  • klik Start > Run
  • ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98)
  • klik OK atau tekan Enter
  • ketik pada C prompt: ipconfig
  • tekan Enter
   Untuk mencek ketersambungan PC dalam jaringan
•    klik Start > Run
 ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98)
klik OK atau tekan Enter
ketik pada C prompt: ping 192.168.8.21, contoh : IP PC sendiri
 tekan enter
 Jika ada pesan “Reply ….” berarti telah mengenal/ada koneksi pada IP diri sendiri dalam jaringan
jika IP Address yang diketik adalah IP PC lain, contoh : ping 192.168.1.50
 tekan enter,
jika muncul tampilan seperti di atas ini (tidak ada pesan “Reply ….”), berarti IP Address PC yang diketik tidak terkoneksi dengan PC kita
3.         Menggunakan Sumber Daya Bersama (Resources Sharing)
Mensetting shared folder
•   klik kanan pada Start > pilih Explore
 klik kanan pada Folder yang akan dishared > pilih Sharing and Security…
pada check box pilih: Share this folder on the network
 klik OK
Folder yang dishared akan ditampilkan dalam thumbnail icon


 Mengatur shared floppy disk drive
·        Klik kanan pada Start > pilih Explore op
·        Klik  kanan  pada  drive  yang  akan  dishared  >  pilih  Sharing  and Security…
·        klik teks: If you understand the risk but still want to share…
·        pada check box pilih: Share this folder on the network, klik OK
·        folder yang dishared akan ditampilkan dalam thumbnail icon
·        Hal yang sama dapat dilakukan pada drive A (shared floppy disk drive) dan drive C (shared hard disk drive)
Mensetting sharedprinter dari sisi Server
•    klik Start > Control Panel > Dobelklik Printers & Faxes
·        klik kanan pada Printer yang akan dishare
·        pilih Sharing
·        klik tombol : Share this printer
·        klik OK atau tekan Enter
·        Printer yang tersharing ditandai dengan gambar telapak tangan
 Mengatur  sharedprinter dari sisi Client
o   klik Start > Control Panel > klik dua kali Printers & Faxes
·        klik Add a printer
·        klik Next
·        pilih radio button: A Network printer, or a printer…
·        klik Next
·        klik radio button: Browse for a printer
·        klik Next
·        Gunakan scroll bar untuk memilih printer yang berada di dalam jaringan
·        Klik Next
Perintah pencetakan dengan sharedprinter sama dengan standalone printer biasa, hanya perlu mengarahkan pilihan printer yang dishared
Desain Grafis
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Perancang Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik. Seorang Desainer harus memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :
1.      Wawasan Teknologi
2.      Wawasan Sains
3.      Wawasan Seni
4.      Wawasan Sosial Dan Budaya
5.      Wawasan Filsafat Dan Etika
Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
6.      Kemampuan olah nirmana
Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
7.      Software Desain Grafis
Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada di
kemampuan wajib desainer grafis)
Banyak sekali software-software yang digunakan dalam dunia Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Ilustrator dan lain sebagainya… sehingga seorang Desainer Grafis dapat memilih software andalannya dalam mengerjakan project Designnya.
Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang di khususkan untuk pengeditan foto, pengolahan gambar dan pembuatan effect. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar bitmap untuk World Wide Web.
Kelebihan Adobe Photoshop
1.      Membuat tulisan dengan effect tertentu.
Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya
2.      Membuat tekstur dan material yang beragam.
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya
3.      Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
Dengan
Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
4.      Memproses materi Web.
Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.
Kelemahan Adobe Photoshop
Dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan
program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar